scentivaid.com mycapturer.com

Hot Threads

Belajar Dari Kehidupan Daun Yang Jatuh Ke Tanah

“Daun yang jatuh tak pernah membenci angin, dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan, mengikhlaskan semuanya.

 
(images from www.google.com)

Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yang tulus.
Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan. Biarkan dia jatuh sebagaimana mestinya. Biarkan angin merengkuhnya, membawa pergi entah kemana.”

Daun Kering Ini Tak Akan Pernah Membenci Anginnya

(images from www.google.com)

Daun daun kering yang jatuh ke tanah tentu tidak akan menarik perhatian kita yang berjalan di dekat pohon yang menggugurkannya.Sebab memang secara lahiriah tidak ada yang ada istimewa untuk dilihat.

Akan tetapi dari daun daun kering itu sebenarnya kita bisa belajar beberapa hal:

1. Daun daun kering yang jatuh dan sengaja digugurkan oleh sang pohon , adalah pertanda bahwa sang pohon sedang melakukan proses penyesuaian diri terhadap kondisi lingkungan yang tiba tiba tidak banyak.menyediakan air baginya.Ini dilakukannya sepanjang masa kemarau sampai datang musim hujan.
Daun daun itu sengaja digugurkan untuk mengurangi hilangnya atau penguapan banyak air dari dalam tubuh pohon itu yang semakin kesulitan mendapatkan air ketika memasuki musim kemarau sehingga dengan cara tersebut pohon itu bisa terus hidup sampai datang musim mudah memperoleh air.
Dalam situasi kehidupan kita yang semakin berat bisakah kita mampu melepaskan segala sesuatu yang bisa menolong kita dari penguapan (pemborosan) sumberdaya yang kita miliki.Sebab dengan cara itu kita akan sanggup melewati masa masa berat dalam hidup.

2. Pada musim susah air (kemarau) pohon lebih memilih daun untuk digugurkan ,dan terus mempertahankan akarnya dalam situasi berat itu , karena memang akarlah yang bisa mencarikan air baginya untuk tetap hidup.

(images from www.google.com)

Kalau lah kita harus mengambil keputusan sulit dalam hidup ini , untuk bisa mempertahankan keberadaan diri dalam situasi kehidupan yang sangat berat, apakah kita bisa dengan tepat memutuskan untuk mempertahankan sebagian yang kita miliki agar dengannya kita terus bertahan hidup.
Dalam badai kesulitan hidup.yang begitu kuat menghantam kita, mungkin kita terpaksa kehilangan harta , kolega bahkan berpisah dari keluarga, tetapi kita harus tetap mempertahankan iman , cara berpikir dan bersikap positif serta seluruh karakter mulya kita agar tetap bisa bertahan hidup , bahkan sanggup tetap berprestasi.

3. Pada musim air mudah didapatkan lagi, maka pohon kembali menumbuhkan daun baru agar bisa membantunya mengelola memanfaatkan cahaya matahari sebagai energi baginya dalam proses yang dikenal dengan fotosintesis.

(images from www.google.com)
 
Bisakah kita juga berlaku bijak seperti itu ? Melakukan kembali sebuah pekerjaan yang tadinya kita tinggalkan karena keterbatasan sumberdaya yang dibutuhkan, dan baru melakukannya lagi ketika sudah belimpah sumber daya dengan cara mengajak kembali orang orang yang kompeten bekerja lagi bersama kita.

(images from www.google.com)

1.Daun yang jatuh tidak pernah membenci angin

2.Daun tidak pernah berusaha melepas kan diri dari ranting (Kita tidak mungkin membebaskan diri dari masalah, karena masalah adalah penghormatan kepada kita)

3.Daun yang seperti diam tapi punya stomata dan akan selalu menurut dengan arah angin

4.Daun itu dapur nya tumbuhan

5.walaupun daun telah berpisah dengan ranting nya tapi daun tetap bisa memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar nya.

Daun selagi hijau bermanfaat bagi yang hidup dan sudah rontok ketanah juga masih bermanfaat untuk kehidupan

Ciloteh Tanpa Suara - Belajar Dari Kehidup Daun Yang Jatuh Ke Tanah

(images from www.google.com)
 
Waktu pagi tadi, saat saya melihat tanaman di halaman rumah sehabis ditimpa hujan kemarin malam terlihat masih ada tetes air yang melekat pada daun yang telah lama tidak terkena air hujan.

Sehelai daun adalah organ penting sebuah tumbuhan. Daun mampu memenuhi kebutuhan energi dirinya, menjadi dapur makanan bagi sebuah pohon tempatnya tertancap, dan mampu memberikan kesejukan bagi udara disekitarnya. Daun mampu melakukan semua itu secara kodrati.

Daun mampu menyesuaikan diri dengan kondisi alam sekitarnya. Saat musim kering, daun rela menggugurkan diri untuk menjaga air tanah tidak menguap sehingga tanaman tetap hidup. Pada daerah padang pasir, daun berbentuk ramping dan memiliki lapisan kutikula yang tebal sehingga air dalam sel-selnya tidak mudah menguap.

Kehidupan itu harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup itu harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup itu harus memahami, pemahaman yang tulus. Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan, serupa dengan fungsi helai-helai daun yang memiliki dan mempunyai sesuatu, hingga pada akhirnya ia harus gugur dan jatuh ke tanah, lepas dari batang pohon yang kokoh sekalipun. Melayang mengikuti angin sebagai takdirnya. Entah ia jatuh pada tanah gersang, tanah subur, tanah berbatu, atau di atas jalanan, hingga ia langsung terlindas kendaraan-kendaraan yang lewat. Entah ia jatuh di atas permukaan air yang menghanyutkannya dan entah sampai kapan ia harus terhanyut. Semuanya entah, hingga mentari tidak bisa lagi membantunya membentuk klorofil-klorofil bagi daun-daun gugur itu.

Demikianlah filosofi daun. Daun itu hijau, indah, menghidupi dan menyegarkan. Dengan sifat-sifatnya yang berperan besar dalam penyelamatan bumi, maka berbagai upaya penyelamatan bumi disebut sebagai aktivitas hijau. Semakin banyak daun tumbuh, semakin hijau bumi dibuatnya, semakin nyaman bumi untuk ditinggali. Yang perlu diingat, bumi ini bukan warisan, melainkan kita meminjamnya dari anak-cucu dan penerusnya. Karena alasan itu, tentunya kita harus mengembalikan dalam kondisi sebaik mungkin pada saatnya kelak mereka hadir di bumi.

(images from www.google.com)

(images from www.google.com) 

No comments :

Post a Comment

SEO FRIENDLY, MOBILE FRIENDLY, HIGH SPEED, NO JUNK, NO SPAM, BERMANFAAT, BERGUNA, MANDIRI.

Featured Content