scentivaid.com mycapturer.com

Hot Threads

Relevansi Ilmu Fisika dengan Teknik Informatika

Dengan sehubungan untuk memenuhi salah satu mata kuliah Fisika, disini saya akan memberikan sedikit teori tentang hubungan antara Teknik Informatik dengan Ilmu Fisika
tahap-tahap yang akan  dibahas:
1.       Rumusan Masalah
2.       Pendapat saya sendiri mengenai hubungan Teknik Informatika dengan Fisika
3.       Pendapat para Ahli
4.       Contoh hubungan Fisika dengan teknik informatika
5.       Kesimpulan

1.       Rumusan Masalah:
   Kaitan/hubungan antara Teknik Informatika dengan Fisika ?

2.       Pendapat saya mengenai Teknik Informatika dengan Fisika ?
Sebenarnya kaitan antara Teknik Informatika dengan Fisika ini sangat erat,kenapa? karena sebelum adanya sistim komputer beserta dengan alat-alatnya, fisika adalah salah satu bidang pengetahuan yang menciptakan beberapa alat-alat komputer dan oleh sebab itu sistem komputer yang kita kenal sekarang ini bisa kita  nikmati bersama dan bahkan semakin berkembang dengan seiringnya waktu yang berjalan, mulai dari cpu, monitor, mouse dan sebagainya, jadi bisa dibilang karena fisika komputer ada dan karena fisika orang yang ingin mempelajari tentang komputer biasa kita sebut dengan Teknik Informatika karena didalamnya selain mengenai komputer, juga mengenai tentang cara membuat sebuah web dan penggabungan melalui logika algoritma.

3.       Menurut Pandangan para Ahli mengenai Hubungan Teknik Informatika dengan Fisika ?
   - yang pertama adalah tentang bagaimana hubungan antara teknik informatika dengan fisika:
  
1.       Menurut Heinich. et al. (1996) aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan, diantaranya : kemampuan dalam memberikan feedback yang segera.

-Pendapat dari 2 ahli dibawah ini adalah tentang komputer:

2.       Menurut William M Fuori
Komputer merupakan suatu pemroses data (data processor) yang bisa melakukan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia selama pemrosesan.

3.       Menurut Gordon B. Davis
   Komputer adalah merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

TI Menurut Para Ahli diantaranya:
1.       Menurut Y.Maryono & B.Patmi Istian IT adalah tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi. IT juga bisa diartikan sebagai pemanfaatan perangkat komputer sebagai alat untuk memproses, menyajikan, serta mengelola data dan informasi dengan berbasis pada peralatan komunikasi.

2.       Menurut Advisory Council For Aplied Reserach and Development IT adalah suatu disiplin ilmu sains, teknologi dan perekayasaan (engineering), serta teknik – teknik manajemen yang digunakan dalam menangani dan memroses informasi, aplikasi komputer dan interaksinya dengan manusia, serta asosiasinya dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya.

3.       Menurut Christine Wibhowo & Ridwan Sanjaya IT adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

4.       Contoh Hubungan ilmu fisika dengan teknik informatika.           
Keterkaitan Fisika dan Teknik Informatika  misalnya dalam sebuah Pesawat Terbang.
Dapat  kita lihat bagian-bagian dari kokpit Pesawat Terbang  seperti Monitor.
Dibidang  Teknik Informatika dalam penerbangan pesawat seorang pilot  memiliki monitor yang mempunyai program aplikasi pengukuran ketinggian. Pengukuran ketinggaian merupakan program yang membutuhkanPenerapan Fisika yaitu menggunakan perhitungan vektor dengan persamaan gerak lurus dan melingkar yang berguna untuk mengukur ketinggian pesawat tersebut ketika berada diudara.
Ataupun dalam penjalanan operasi computer dalam pesawat. Komputer akan dapat dioperasikan jika ada energi listrik yang mengaktifkannya. Energi listrik didapatkan dari serangkaian proses perubahan energi dari dalam pesawat. Misalkan pesawat akan yang membutuhkan bahan bakar akan merubah energi panas dari bahan bakar menjadi energi listrik untuk menghidupkan piranti computer yang ada dalam pesawat. Ataupun dalam pesawat yang akan ada suatu serangkaian alat komunikasi dari pilot ke pusat dibandara. Itu pun memerlukan beberapa penerapan ilmu fisika. Dari gelombangnya, frekuensinya dan sebagai macam lainnya. Banyak sekali pengaplikasian didalam pesawat yang berhubungan dengan gaya fisika dan teknik dari aplikasi program informatika dan beberapa yang saya jelaskan tadi adalah salah satu contohnya.

5.       Kesimpulan
Jadi dari sini dapat kita lihat bahwa fisika dan teknik informatika saling berkesinambungan dan memliki keterkaitan. 
Teknik Informatika dan Fisika adalah kedua subject yang saling membutuhkan satu sama lain,selain karena fisika komputer telah lahir,juga karena fisika kita tahu bahwa komputer membutuhkan tenaga listrik untuk menghidupkannya dan bagaimana cara mengoperasikannya.

Download File Word : Disini
massprii.blogspot.com
Masukkan email untuk berlangganan
Baca berita terbaru dengan email anda
Delivered by FeedBurner

SEO FRIENDLY, MOBILE FRIENDLY, HIGH SPEED, NO JUNK, NO SPAM, BERMANFAAT, BERGUNA, MANDIRI.

Featured Content