scentivaid.com mycapturer.com

Hot Threads

10 Bahan Sederhana untuk Merawat Mobil Kesayangan Anda

Perawatan untuk sisi luar dan dalam mobil Anda tidak harus selalu memakan biaya yang banyak dan menggunakan item-item dari bengkel yang bisa menguras kantong Anda. Bahan-bahan yang ada di kamar mandi atau dapur Anda ternyata dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk merawat mobil Anda.

Berikut adalah 10 bahan sederhana yang ada di kamar mandi dan dapur Anda yang bisa dipergunakan untuk melakukan perawatan ringan dari permukaan sampai bagian dalam mobil Anda.

1. Baking Soda

Penggunaan baking soda sebagai bahan untuk membersihkan bagian dalam mobil sudah sering banyak dilakukan. Baking soda sangat efektif untuk membersihkan karpet mobil dari bahan kimia yang susah hilang seperti tinta atau oli. Caranya dengan menyikat baking soda menggunakan sikat dan lap khusus.

2. Cuka

Pada beberapa kasus, cuka dapat menjadi bahan yang sangat efektif untuk membuat kaca mobil jadi lebih bersih. Hal ini didukung dengan kandungan cuka, terutama cuka apel yang mampu melarutkan kotoran dengan aman tanpa takut membuat cacat permukaan kaca.
Cuka juga dapat mengangkat kotoran pada jok mobil. Sama halnya dengan baking soda yaitu menggunakan sikat dan lap khusus untuk dilap pada permukaan jok dan dashboard dengan dicampurkan sedikit air.

3. Deterjen

Deterjen yang sering Anda gunakan sebagai sabun cuci pakaian Anda ternyata dapat membuat permukaan mobil menjadi lebih cerah tapi tidak direkomendasikan untuk membersihkan dashboard.
Lalu sangat efektif dalam membersihkan karpet mobil dan jok mobil Anda. Kombinasinya juga bisa dengan menggunakan wax pencuci motor/mobil dan diaplikasikan dengan spons dan lap lembab.

4. Pasta gigi

Item yang satu ini sudah sering dijadikan sebagai alat pembersih yang sangat efektif. Karena kandungan formula dalam pasta gigi yang ditunjukan untuk membersihkan bagian krusial dari gigi membuat pabrik pasta gigi membuat pembersih yang ekstra. Itulah mengapa, banyak tips yang mengatakan pasta gigi sangat efektif untuk membersihkan permukaan headlamp mobil.
Aplikasinya pun tidak perlu menggunakan campuran air hanya cukup sikat gigi saja. Sikat pada bagian headlam dan tunggu beberapa menit.

5. Soda

Siapa yang dapat menyangka bahwa soda dapat digunakan untuk membersihkan mobil. Larutan karbonasi yang ada pada soda ternyata mampu bereasi dengan beberapa unsur pada mobil. Seperti karat, walaupun tidak sepenuhnya bisa dibersihkan namun setidaknya mampu mereduksi karat yang membandel pada mobil Anda seperti karat pada kepala aki.

6. Kondisioner

Kondisioner rambut yang biasa digunakan untuk perawatan rambut setelah keramas ternyata mampu membersihkan beberapa permukaan tertentu pada mobil Anda misalnya dashboard.
Selain dapat membersihkan dashboard juga dapat mencegah permukaan retak dan kusam.

7. WD40

WD40 memang sudah sering dianggap sebagai alat serba guna, lantaran alat semprot ini bisa dipergunakan nyaris untuk apa saja. Seperti membersihakan sisa serangga dan kabel speaker yang kotor. Pada aplikasi yang lebih efektif lagi, WD40 bisa juga digunakan untuk membersihkan sisa-sisa permen karet yang menempel pada jok dan gorecat cat pada mobil juga sisa-sisa stiker.

8. Cat kuku

Ini adalah item yang dapat Anda gunakan disaat paling darurat. Karena cat kuku merupakan opsi terakhir yang bisa dimanfaatkan saat cat mobil terlihat memiliki goresan halus.
Cat kuku bisa dipoles pada kulit mobil yang tergores sesuai dengan warna mobil. Karena permukaan yang ditutup akan jadi lebih tersamarkan, sehingga nyaris tidak tersisa.

9. Pasir kucing

Pasir kucing dapat digunakan sebagai penghilang lembab pada kabin, karena adanya kandungan bahan dasar akrilik pada pasir kucing. Cukup dengan dibungkus dengan kaus kaki dan diletakkan di tempat tersembunyi, maka potensi munculnya jamur-jamur akan berkurang.

10. Sitrus

Bahan rumah tangga lainnya yang dapat digunakan untuk membersihkan isi mobil adalah buah dengan kandungan sitrus seperti jeruk dan lemon. Akan tetapi aplikasinya tidak bisa hanya menggunakan salah satu dari bahan tersebut. Harusnya menggunakan keduanya dengan mengkombinasikannya dengan rasio 50:50. Bisa digunakan untuk mencuci bodi mobil dan dashboard.

No comments :

Post a Comment

SEO FRIENDLY, MOBILE FRIENDLY, HIGH SPEED, NO JUNK, NO SPAM, BERMANFAAT, BERGUNA, MANDIRI.

Featured Content