scentivaid.com mycapturer.com

Hot Threads

Cara menabung untuk yang bergaji 2juta

thread ini ane persembahkan untuk agan-agan yang galau pengen nabung. Di sini ane mau share tentang hal yang sederhana banget diliatnya, tapi susah dilakuinnya kalo ga ada niatan. Nah, maka dari itu disini ane mau kasih tips untuk agan-agan yang mau nabung tapi gaji masih di bawah 2 Juta Rupiah. Penasaran gan? Cekidot!

Masih inget sama gambar Buku Tabungan di atas gan? Sebenernya sih kita dari kecil kita udah di ajarin cara menabung. Entah gimana ceritanya sekarang kita jadi boros. Nah, Kalo ente punya mental laper mata, alias pengen belanja ini itu. ente kudu puter otak gan, buat aja lebih dari 1 rekening tabungan dengan bank berbeda. 

Tapi jangan asal pilih bank gan, Pilih rekening yang tanpa potongan untuk menyimpan gaji yang akan ditabung, tapi inget gan! jangan membuat kartu ATM, ente harus nahan godaan sedikit-sedikit ngambil duit. Lah terus rekening satunya lagi buat apa gan? khusus untuk uang bulanan kebutuhan hidup ente gan

Buat ane ini salah satu cara yang ampuh gan. Soalnya pemikiran ini bakalan buat ente sehemat mungkin. Misal ente punya duit 100 ribu, nah buat sugesti ke diri ente cuma punya duit 20 ribu. Yang kaya gini secara enggak langsung mampu mengatur pola pikir agan supaya lebih hemat. Dengan kata lain, Agan udah sugesti ke diri sendiri kalo lagi susah, maka secara langsung ente pasti mikir-mikir kalau mau ngeluarin duit.

Tabungan Yang Wajar, 30-50% Dari Pendapatan Agan

Di negara-negara maju kaya Amerika dan Australia, penduduknya mampu menyisikan 30%-50% pendapatan gan. Tapi ini balik lagi sama perencanaan keuangan agan. Misal, gaji agan sejumlah UMR di Jakarta. Buat sekali makan 10 ribu. 3 kali makan 30 ribu. Kali sebulan 900 ribu. Keperluan sehari-hari misalnya 300 ribu. Buat bayar kontrakan 500 ribu. Masih ada sisa 300 ribu gan. Kalo bisa irit lagi, agan bisa dapet 30% dari gaji.

Ikut Asuransi

Ini true story sih. Kadang, kita nggak tau kapan kita sakit. Kalo lagi sakit, gaji pas-pasan, yang ada bongkar tabungan. Nah, daripada gitu, mending mulai coba pake asuransi. Kalo udah berasuransi, minimal ada yang nanggung pas kita kenapa-napa. Jadi duit bulanan kita yang pas-pasan nggak bakalan kekuras habis pas sakit.

Investasi Emas

“lho kok emas gan? kan emas mahal gan. apa lagi gaji ane masih di bawah 2 Juta Rupiah.” Pasti itu yang ada dipikiran Agan. Kata siapa gan gaji di bawah 2 Juta Rupiah ga bisa investasi emas. Selain harga emas yang relatif stabil, pembayaran dengan cara mengangsur merupakan kemudahan yang ente bisa dapetin gan walaupun gaji yang pas-pasang Nah, emas yang ente beli itu bisa diangsur dalam jangka waktu tertentu sesuai keinginan, tanpa bunga dengan uang muka sekitar 25-40%. Gini gan itung-itungannya

misal harga emas 1 gram Rp 500.000

5 gram emas : 5 x Rp 500.000 = Rp 2.500.000

DP : 25% x Rp 2.500.000 = Rp 625.000

Sisa biaya : Rp 2.500.000 – Rp 625.000 = Rp 1.875.000

Simulasi cicilan per bulan dalam jangka waktu 1 tahun = Rp 1.875.000 : 12 = Rp 156.250

Nantinya ente bisa jual lagi emas yang ente punya setelah jangka waktu 2-3 tahun gan. Gimana gan? Tertarik?

Buat Skala Prioritas Agan

Dengan ente membuat skala prioritas berarti ente sadar betul kegiatan positif yang lagi di jalani. Ini menjadi sangat penting buat Agan ngendaliin pengeluaran bulanan ente gan. Di awal bulan, ente bisa membuat skala prioritas selama satu bulan ke depan. Terus proporsi yang ideal itu gimana sih gan? Kaya gambar di atas gan.
Kalo ente udah bisa terapin ini, Nantinya ente bakalan tau gan uangnya untuk apa aja dan ente juga bakalan terbiasa pas lagi kepengen belanja, karena ente udah punya sifat disiplin dalam keuangan.


SEO FRIENDLY, MOBILE FRIENDLY, HIGH SPEED, NO JUNK, NO SPAM, BERMANFAAT, BERGUNA, MANDIRI.

Featured Content