scentivaid.com mycapturer.com

Hot Threads

Harus Mulai Dari Mana Belajar Website Programming?

Ingin Belajar Web Programming, Harus Mulai Dari Mana?

Pertanyaan diatas sangat sering dipertanyakan oleh seorang yang ingin belajar website programming atau mahasiswa baru jurusan TI dan termasuk saya pada awalnya juga menanyakan hal tersebut pada senior saya.

Oleh karena itu saya membuat artikel ini untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dan mudah-mudahan bisa menjadi panduan atau pertimbangan untuk anda yang baru memasuki dunia website programming.

Jadi harus darimana saya harus mulai jika ingin belajar website programming?
Dan jawaban saya adalah, anda harus mulai mempelajari HTML.

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, yaitu Bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web atau Web Page.
Yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi didalam sebuah penjelajah web internet (Website Browser).

HTML adalah suatu Bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh web browser agar halaman tersebut dapat ditampilakn secara benar.
Secara umum HTML berfungsi untuk mengelola serangkaian data dan informasi, sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di internet melalui web browser.

Setelah HTML, lanjut kemana?

Jika anda sudah menguasai HTML (minimal dasar-dasar HTML), bisa memilih antara CSS atau PHP. Apabila berminat dengan web design, silahkan lanjut mempelajari CSS. Apabila anda ingin membuat aplikasi web seperti pemrosesan form, menyimpan data ke dalam database, membuat laporan, dll bisa lanjut ke PHP.

Saya pribadi lebih menyarankan untuk lanjut ke CSS. Karena PHP sebuah bahasa pemrograman dan membutuhkan logika yang rumit. Dengan demikian, akan memiliki dasar yang pas dan bisa memahami bagaimana cara membuat tampilan website, tata letak bagian-bagian website dan mempercantik desain halaman web.

Sama seperti HTML, CSS juga tidak membutuhkan pengetahuan apapun terkait programming. Baik CSS maupun HTML sebenarnya bukanlah sebuah ‘bahasa pemrograman’. Keduanya adalah bahasa struktur yang terdiri dari perintah-perintah sederhana (walaupun CSS mungkin ‘sedikit’ lebih rumit daripada HTML).
Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan gambaran apa yang akan anda hadapi dan apa yang harus anda kuasai untuk menjadi web programmer.

No comments :

Post a Comment

SEO FRIENDLY, MOBILE FRIENDLY, HIGH SPEED, NO JUNK, NO SPAM, BERMANFAAT, BERGUNA, MANDIRI.

Featured Content